3 cara finansial

3 cara finansial
finansial sehat

3 cara finansial- Mengenai kehidupan tentunya semua orang menginginkan kehidupan yang baik, memiliki kehidupan yang baik itu tentang bagaimana kita mengelola keuangan kita sendiri dan mengelola uang kita sendiri tidak semudah yang kita tahu tetapi perlu kita praktekkan yang kemudian insyaallah bermanfaat bagi kita sendiri.

Kesempatan ini saya akan menulis tentang finansial sehat dengan 3 kebiasaan sehari-hari. Penulis berharap artikel ini dapat memberikan manfaat ilmu kepada pembaca dalam masalah finansial sehari-hari.

3 cara finansial

1. Hindari Kredit

Kredit dengan nama lain membayar hutang di setiap bulan. ini termasuk finansial sehat dengan 3 tips. berurusan dengan kredit terlebih baik kita hindari sekalipun cicilannya itu 0%. terkadang orang berfikir kredit dengan cicilan tanpa bunga itu menguntungkan padahal itu barang yang kita ambil tidak terlalu penting bagi kita itu hanya membuat keuangan kita rusak.

Saat kita mengambil kredit itu sama saja kita telah melakukan suatu yang negatif dalam hidup, kita harus membayar kredit setiap bulan. padahal uang yang mita bayar kredit setiap bulan harusnya bisa kita gunakan untuk lainnya seperti menabung untuk modal, berinvestasi. Apa lagi barang kita kredit tidak berkepentingan bagi kita.

3 cara finansial
kredit perusak menejemen keuangan

Namun tanpa berfikir yang cerdas dan panjang ketika kita mengambil kredit sama saja kita telah membuat dua keadaan yang negatif terhadap diri kita sendiri.

pertama kita sendiri sangat mudah dipengaruhi oleh namanya hutang, sebab kita tidak pernah berfikir dalam mengelola keuangan, kebiasaan kita hanya ada pikiran yang konsumtif bukannya produktif. Kecuali kredit motor untuk mencari rezeki, seperti menarik grab, sebagai mata pencaharian sehari-hari.

kedua ada misi yang harus kita jalankan yaitu membayar hutang setiap bulan serta menciptakan habitat keturunan kita sendiri untuk suka membayar hutang dan ini merupakan program yang kita ciptakan sendiri. Pikirkan dan berhati-hati dalam menjalani hidup ini demi kesehatan finansial kita sendiri, sebab baiknya finansial baik juga keluarga kita sendiri.

2 Pengeluaran yang sama

mengeluarkan uang sama juga termasuk salah satu dari pada finansial sehat dengan 3 tips. Pengeluaran yang dimaksudkan di sini ada dimana uang selain pengeluaran sekunder itu sama dengan dengan tabunganmu. seumpamanya satu hari kita menghabiskan uang 20.000 untuk beli yang kita suka, maka cobalah investasi 20.000 juga sebanding dengan menghabiskan uang dengan jumlah yang sama.

3 cara finansial
pengecekan pengeluaran

Kenapa saya mengajukan begitu, agar kita mudah mengelola keuangan kita, dan kita kita mudah terseret dalam perilaku yang tidak memberikan manfaat kepada kita dan keluarga kita. Hal ini juga salah satu kegiatan yang berfikir masa depan.

3. Uang Recehan

3 cara finansial
penyimpanan uang receh

Uang Receh uang yang nilainya kecil pasti kita sering mengabaikan uang receh tersebut terkadang kita suka letak sesuka hati kita sendiri, sehingga terkadang berhamburan kemana-mana. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang kalau seperti demikian itu.

Sebetulnya patut kita tahu uang receh merupakan salah satu finansial sehat dengan 3 tips. Biasakanlah kita menjaga hal-hal yang kecil sebab suatu yang menjadi besar itu dimulai dari yang kecil pula. Jadi jangan remehkan yang kecil sebab jika orang cerdas sudut pandang mereka itu uang yang kecil bisa memberikan manfaat atau bisa membuat menguntungkan.

Bagi orang yang fikirannya itu sehat uang rehat sekurang-kurangnya bisa dijadikan pelengkap untuk kebutuhan belanja. Coba kita bayangkan ketika kita membeli belanja yang banyak barangnya kilo semua itukan sudah pasti uangnya tidak pas-pasan pasti receh, maka uang receh itu boleh pakai ketika belanja banyak, tidak perlu lagi kita kasih uang besar.

Ada dua cara bagi untuk kita dalam mengelola uang receh.

1. pertama masukan dalam kotak

uang receh yang kita masukan dalam kotak tidak jauh dari kebiasaan kita dulu saat duduk di bangku SD setiap hari, kita selalu menabung dan uang yang paling banyak adalah uang receh. kemudian kita menukar uang receh yang banyak dari tabungan tukur dengan uang kertas.

kita bisa mengulang kebiasaan ini jika kita malas memegang uang receh, kita siapkan kotak lalu tarok di motor atau di mobil, nanti saat kita mau pergi pulangnya tinggal masukan saja uang recehnya ke kotak. sangat mudah dilakukan betul.

2. kedua gunakan dompet

jika malas menggunakan kotak, lebih senang gunakan dompet, dengan dompet kita mudah membawanya kemanapun kita pergi. kita pun jika membutuhkannya tidak ribet untuk mengambilnya seperti menambah uang untuk beli minuman, makanan ataupun rokok.

Terkadang kita sering juga bertemu dengan orang penjual nakal saat kita membeli kita kasih uang lebih itu mereka seenaknya saja suruh ambil permen dengan alasan tidak ada uang kembalian. Ketika ada alasan seperti ini uang receh kita ini sangat bermanfaat bahkan jika kita pandai mengelola uang kecil ini bisa dengan konsisten penghematannya sangat besar bagi kita.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*